benteng keraton "BASTION/BALUARA PADA BENTENG KERATON BUTON"

BASTION/BALUARA PADA BENTENG KERATON BUTON
Berhubung banyak yang masing bingung dengan Bastion Pada Benteng Keraton Buton, Baik Itu Bentuk Dan Fungsinya, Maka Admin akan menjabarkan Fungsi dari Bastion Serta Daftar Nama2 Bastion Pada Benteng Keraton Buton..Berikut Salah Satu Contoh Bastion
Kata Bastion berasal dari bahasa portugis yaitu baluer yang berarti bastion. Dari 16 Bastion dua diantaranya memiliki godo yang terletak diatas Bastion tersebut. Masing-masing berfungsi sebagai tempat penyimpanan peluru dan mesiu. Setiap Bastion memiliki bentuk yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kondisi lahan dan tempatnya. Nama-nama Bastion dinamai sesuai dengan nama kampung tempat Bastion tersebut berada. Nama kampung tersebut ada di dalam benteng keraton pada masa Kesultanan Buton.
16 Nama Bastion yaitu : Bastion gama, Bastion litao, Bastion barangkatopa, Bastion wandailolo, Bastion baluwu, Bastion dete, Bastion kalau, Bastion godona oba, Bastion wajo/bariya, Bastion tanailandu, Bastion melai/baau, Bastion godona batu, Bastion lantongau, Bastion gundu-gundu, Bastion siompu dan Bastion rakia.
Moga bisa menjadi khasanah pengetahuan sejarah buat rekan2 semua

http://bentengkeratonbuton.blogspot.com/