Struktur Masyarakat Buton Di Era Kesultanan Buton Pada Zaman Dulu

Struktur Masyarakat Buton
Di Era Kesultanan Buton Pada Zaman Dulu

Admin sengaja menulis Struktur Masyarakat Buton Di Era Kesultanan Buton Karna Banyak Rekan2 Anggota Group Yang Masih Bingung Akan Istlah Kaomu, Walaka dan Seterusnya..

1. Kaomu atau Kaumu (kaum ningrat), yaitu keturunan garis bapak dari pasangan raja pertama. Laki-laki dari golongan ini mempunyai nama depan La Ode dan wanitanya Wa Ode.
2. Walaka, yaitu keturunan menurut garis bapak dari Founding Fathers Kerajaan buton (mia patamiana). Mereka termasuk elit penguasa. Melalui sistem tertentu, lelaki Kaomu boleh menikahi perempuan Walaka.
3. Papara atau disebut juga “orang gunung” , yaitu anggota masyarakat biasa yang tinggal di wilayah kadie (desa) dan masih merdeka. Mereka disebut juga budak adat dan dipertimbangkan untuk menduduki jabatan tertentu di wilayah kadie, tetapi sama sekali tidak mempunyai jalan kepada kekuasaan di pusat.
4. Babatua (budak) yang berhak diperjualbelikan atau dijadikan hadiah
5. Analalaki dan Limbo. Mereka adalah golongan kaomu dan walaka yang diturunkan darjatnya kerana melakukan kesalahan sosial dan berlaku tidak pantas sesuai dengan status sosialnya